Minggu, 28 Juni 2015

Taiwanese Ice Balls

Di bulan puasa ini enaknya nguprek di dapur membuat menu berbuka puasa. Biasanya menu pembuka yang wajib ada di atas meja makanku adalah es sop buah dan bakwan beserta cabe rawitnya. Tapi bosen lah ya masa es buah terus, kali ini harus ganti minuman dulu nih meskipun bakwannya tetep tak tergantikan.hehe..

Ubek-ubek resep dan video makanan-makanan, dan muncul lah es campur nya Taiwan. Kalau dilihat-lihat mirip ya dengan es serut korea (Patbingsu) karena ada chewing ballsnya juga. Taiwan ice balls ini sudah lama beredar di Indonesia, khususnya Jakarta. Saat sedang hitz nya makanan satu ini, huaah penasaran banget ingin mencobanya. Apalagi salah satu pilihan menunya bercita rasa green tea latte, langsung ngacai.hehehe...

Dulu sempat sekali mencoba es campur satu ini, dengan harga yang tidak murah tapi untuk aku pribadi sih lumayan memuaskan karena rasanya juga maknyus. Satu mangkok saja sudah membuat perut kembung, mungkin karena isian di dalam es ini yang terdiri dari bola-bola kenyal dan terbuat dari umbi pula, juga kuah gulanya yang diberi susu atau creamer ditambah topping ice cream, hmmhh kebayang dong gimana kenyangnya. Pokoknya makanan ini patut dicoba loh..


Bahan-bahan:
- Chewing balls
- Cincau (aku buat dari cincau instan seperti agar-agar)
- Kacang merah (rebus sebentar dengan diberi sedikit brown sugar)
- Es batu atau es serut
- Susu kental manis (sedikit saja)
- Brown sugar (direbus dibuat air gula sebagai kuahnya)

Chewing balls
Ubi biasa dan ubi ungu (kukus, haluskan)
Tepung tapioca
Air
Gula sesuai selera
Note: untuk takaran 2 (ubi) : 1 (tepung tapioca)
Air panas
Air es

Cara membuat:
1. Ketika ubi telah dikukus selama kurang lebih 30 menit, dalam keadaan panas haluskan dan beri gula sesuai selera. (pisahkan antara adonan ubi ungu dan ubi biasa)

2. Masukkan tepung tapioca kemudian beri air sedikit-sedikit hingga adonan bisa dibentuk. Adonan tidak terlalu kering tidak terlalu basah lembek. Jika terlalu lembek tambahi tapioca sedikit-sedikit, atau bila adonan terlalu kering tambahi air sedikit-sedikit.

3. Pulung adonan menjadi panjang, kemudian iris-iris (seperti yang warna kuning di foto). Atau untuk adonan ubi ungu nya bisa dibentuk bulat-bulat seperti foto di atas.

4. Siapkan air es di baskom

5. Panaskan air di panci hingga mendidih. Masukkan adonan yang sudah dibentuk ke dalam air mendidih, rebus hingga adonan mengambang di permukaan air. Angkat dan masukkan ke dalam baskom berisi air es agar bola-bola ubi semakin kenyal. Diamkan hingga bola-bola dingin, angkat sisihkan.

 Cara penyajian:
1. Siapkan mangkuk saji, tuangkan air brown sugar, taruh isian seperti chewing balls, cincau, kacang merah.
2. Taruh es batu atau es serut ditengah-tengah mangkuk. Tuang sedikit susu kental manis.
3. Bisa juga ditambah 1 scoop ice cream vanilla atau green tea latte. sajikan





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HaiyHaiy.. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog ku. Jika ingin meninggalkan komentar, silahkan ya.. dengan senang hati.. ^ _ ^