Minggu, 28 Juni 2015

Tteokbokki

Tteokbokki adalah salah satu makanan khas korea. Kalau di Korea, banyak sekali pedagang gerobak pinggir jalan yang menjual tteokbokki ini. Hmmhh..jadi kangen makan tteokbokki langsung di tempat asalnya. Hehehe...

Semenjak say good bye dengan negeri gingseng, terkadang suka kangen deh dengan makanan Korea. Tapii karna di Indonesia dan di Qatar lumayan juga harganya ya klo mau sering-sering makan makanan Korea di restauran, jadi ya mau ga mau mending belajar aja dong cara buatnya. Klo dulu mah males banget klo harus buat, lah di depan apate juga dah ada gerobaknya si bapak tua yang jualan cemilan korea, ga jauh dari situ juga di deket stasiun ada yang jual tteokbokki dkk, atau gampangnya tinggal angkat telpon (telpon suami) "Cay.. pulang kerja titip beliin tteokbokki, kue ikan, odeng.. bla..bla..bla.." selesai deh, tinggal makaaaann.. 

Ternyata oh ternyata buatnya ga susah, tinggal cemplang cemplung aja, ditambah dengan niat loh ya.. semua beres. Dan rasanya juga dapet... lumayan untuk mengobati kangen. Ikut coba yuk membuat tteokbokki sendiri di rumah, berikut resepnya:

Resep asli di eugeniekitchen.com
 
Bahan-bahan yang diperlukan:
- 500 gram rice cakes
- 1/2 bawang bombay (iris memanjang)
- 3 lembar fish cake (optional) ===> enak loh.. suka banget fish cake pakai sauce tteokbokki ini.
- 1/2 daun bawang (iris 1inch)
- 3 butir telur rebus

Bahan saus tteokbokki:
- 3 sdm sambel pasta korea (고추장)
- 2 sdt bubuk cabai
- 2 sdm soy sauce
- 3 sdm corn syrup (saya skip karena ga punya)
- 2 1/2 sdm gula (atau disesuaikan manisnya)
- 2 butir bawang putih (cincang)
- 1 1/2 cups kaldu ikan teri

Cara membuat kaldu ikan teri, rebus 2 cups air mineral kemudian masukkan 10gr ikan teri dan rumput laut kering 1x1 inch. Beberapa saat kemudian angkat rumput laut kering, jangan merebus rumput laut kering terlalu lama. Setelah itu rebus hingga menjadi kaldu sekitar 15 menit. Tuang ke wadang dengan disaring.

Cara membuat tteokbokki:
 1. Masukkan semua bahan ke dalam panci (bawang putih, bubuk cabai, gula, soy sauce, corn syrup (jika pakai), sambal pasta korea, kaldu ikan teri. Masak sekitar 3 menit sambil diaduk rata.

2. Masukkan rice cakes. bawang bombay, fish cakes. Diamkan sekitar 10 menit  hingga air sedikit menyusut sambil sesekali diaduk.

3. Jika air sudah menyusut dan kuah mengental tambahkan daun bawang, aduk. Diamkan sekitar 2 menit, setelah itu matikan api.

4. Siap disajikan.







1 komentar:

  1. namanya lucu.. tampilannya menggoda.. keknya enak.. pengen nyoba ah
    smoga bahannya ada semua di t4ku

    BalasHapus

HaiyHaiy.. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog ku. Jika ingin meninggalkan komentar, silahkan ya.. dengan senang hati.. ^ _ ^