Kamis, 02 Juli 2015

Sawut, Cenil, Getuk


Di rumah lagi ada stok singkong, tadinya sih rencananya mau dibuat ongol-ongol singkong untuk cemilan berbuka puasa. Tapi kok ya fikiran melayang ke pasar deket rumah mamaku, dan jadilah inget  jajanan tradisional ini. Langsung deh ubek-ubek resep, ternyata membuatnya cukup mudah. Jadi tambah niat deh, walaupun saat itu jarum jam sudah menunjukkan angka 22:30 tapi tetep kekeuhh harus buat. hehehe.. Dan hasil rasanya cukup memuaskan, yummy..

SAWUT
1 kg singkong (parut kasar)
250 gr gula jawa (cincang)
100 gr gula pasir
kelapa parut untuk taburan atas (kukus beri garam sedikit)

Cara membuat:
1. Taruh sebagian singkong parut di wadah untuk mengukus, kemudian taburkan gula jawa dan gula pasir di atasny. Lanjutkan lagi dengan sisa singkong parut di atasnya dan taburkan lagi gula jawa dan gula pasir.

2. Kukus selama kurang lebih 30 menit. Sajikan..

CENIL Diah Didi
Bahan :
150 gram tepung tapioka
1/4 sendok teh garam
100 ml air secukupnya sampai adonan bis adi bentuk dan di pulung..nggak perlu habis nggak pa2 )
Kelapa parut secukupnya untuk taburan, kukus sebentar, lalu beri sedikit garam, aduk rata.
Gula pasir secukupnya untuk taburan atau kuah kinco gula merah.
Cara membuat :
Ambil dua sendok makan tepung tapioka, aduk dengan air dan garam hingga rata, lalu didihkan dan aduk hingga jadi adonan yang kental dan bening ( kayak lem )
Tambahkan sisa tepung tapioka, uleni perlahan hingga tercampur rata dan jadi adonan yang kalis. Nguleninya harus sabar ya..soalnya adonan lemnya kan licin..suka lari2..perlahan2..nanti lama2 akan tercampur kok. Jika masih kurang kalis, boleh di tambah sedikit lagi tepung tapioka. Bagi adonan jadi 4 bagian, satu biarkan putih, 3 bagian lain beri warna sesuai selera.
Didihkan air, ambil sedikit adonan, pulung dengan dua tangan hingga berbentuk seperti cendol. Masukkan ke air mendidih, rebus hingga mengapung. Tiriskan, lalu gulingkan ke kelapa parut. Sajikan dengan taburan gula pasir atau kuah kinco gula merah.
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/04/cenil-versi-resep-baru.html#sthash.te56NLci.dpuf
Bahan :
150 gram tepung tapioka
1/4 sendok teh garam
100 ml air secukupnya sampai adonan bis adi bentuk dan di pulung..nggak perlu habis nggak pa2 )
Kelapa parut secukupnya untuk taburan, kukus sebentar, lalu beri sedikit garam, aduk rata.
Gula pasir secukupnya untuk taburan atau kuah kinco gula merah.
Cara membuat :
Ambil dua sendok makan tepung tapioka, aduk dengan air dan garam hingga rata, lalu didihkan dan aduk hingga jadi adonan yang kental dan bening ( kayak lem )
Tambahkan sisa tepung tapioka, uleni perlahan hingga tercampur rata dan jadi adonan yang kalis. Nguleninya harus sabar ya..soalnya adonan lemnya kan licin..suka lari2..perlahan2..nanti lama2 akan tercampur kok. Jika masih kurang kalis, boleh di tambah sedikit lagi tepung tapioka. Bagi adonan jadi 4 bagian, satu biarkan putih, 3 bagian lain beri warna sesuai selera.
Didihkan air, ambil sedikit adonan, pulung dengan dua tangan hingga berbentuk seperti cendol. Masukkan ke air mendidih, rebus hingga mengapung. Tiriskan, lalu gulingkan ke kelapa parut. Sajikan dengan taburan gula pasir atau kuah kinco gula merah.
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/04/cenil-versi-resep-baru.html#sthash.te56NLci.dpuf
150 gr tepung tapioca
1/4 sdt garam
Bahan :
150 gram tepung tapioka
1/4 sendok teh garam
100 ml air secukupnya sampai adonan bis adi bentuk dan di pulung..nggak perlu habis nggak pa2 )
Kelapa parut secukupnya untuk taburan, kukus sebentar, lalu beri sedikit garam, aduk rata.
Gula pasir secukupnya untuk taburan atau kuah kinco gula merah.
Cara membuat :
Ambil dua sendok makan tepung tapioka, aduk dengan air dan garam hingga rata, lalu didihkan dan aduk hingga jadi adonan yang kental dan bening ( kayak lem )
Tambahkan sisa tepung tapioka, uleni perlahan hingga tercampur rata dan jadi adonan yang kalis. Nguleninya harus sabar ya..soalnya adonan lemnya kan licin..suka lari2..perlahan2..nanti lama2 akan tercampur kok. Jika masih kurang kalis, boleh di tambah sedikit lagi tepung tapioka. Bagi adonan jadi 4 bagian, satu biarkan putih, 3 bagian lain beri warna sesuai selera.
Didihkan air, ambil sedikit adonan, pulung dengan dua tangan hingga berbentuk seperti cendol. Masukkan ke air mendidih, rebus hingga mengapung. Tiriskan, lalu gulingkan ke kelapa parut. Sajikan dengan taburan gula pasir atau kuah kinco gula merah.
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/04/cenil-versi-resep-baru.html#sthash.te56NLci.dpuf
Bahan :
150 gram tepung tapioka
1/4 sendok teh garam
100 ml air secukupnya sampai adonan bis adi bentuk dan di pulung..nggak perlu habis nggak pa2 )
Kelapa parut secukupnya untuk taburan, kukus sebentar, lalu beri sedikit garam, aduk rata.
Gula pasir secukupnya untuk taburan atau kuah kinco gula merah.
Cara membuat :
Ambil dua sendok makan tepung tapioka, aduk dengan air dan garam hingga rata, lalu didihkan dan aduk hingga jadi adonan yang kental dan bening ( kayak lem )
Tambahkan sisa tepung tapioka, uleni perlahan hingga tercampur rata dan jadi adonan yang kalis. Nguleninya harus sabar ya..soalnya adonan lemnya kan licin..suka lari2..perlahan2..nanti lama2 akan tercampur kok. Jika masih kurang kalis, boleh di tambah sedikit lagi tepung tapioka. Bagi adonan jadi 4 bagian, satu biarkan putih, 3 bagian lain beri warna sesuai selera.
Didihkan air, ambil sedikit adonan, pulung dengan dua tangan hingga berbentuk seperti cendol. Masukkan ke air mendidih, rebus hingga mengapung. Tiriskan, lalu gulingkan ke kelapa parut. Sajikan dengan taburan gula pasir atau kuah kinco gula merah.
- See more at: http://www.diahdidi.com/2014/04/cenil-versi-resep-baru.html#sthash.te56NLci.dpuf
100 ml air secukupnya sampai adonan bisa dipulung
Kelapa parut untuk taburan (kukus kemudian beri garam sedikit dan gula sesuai selera)

Cara membuat:
1. Ambil 2 sdm tepung tapioca, aduk dengan air dan garam hingga rata, didihkan masak hingga adonan menjadi kental dan bening.

2. Tambahkan sisa tepung tapioca uleni hingga tercampur rata dan kalis. Bagi adonan dan beri warna.

3. Didihkan air di panci cemplungkan adonan cenil ke air yang mendidih. Rebus terus hingga mengambang.

3. Tiriskan dan gulungkan ke kelapa parut yg telah dikukus. Sajikan..













Rabu, 01 Juli 2015

Eclair Strawberry Cheese Cream

Sebenernya sampai sekarang suka bertanya-tanya, apa sih bedanya sus dan eclair juga choux. hihihi.. Kalau menurut pandangan mata dan pendapat asalku, hoo mungkin bedanya dari bahasa negara masing-masing, kemudian dari bentuknya kalau sus dan choux itu sama-sama bulat, sedangkan eclair bentuknya panjang seperti lady finger. Hehehe.. bener ga ya pengamatanku ini? ahh abaikan saja, tapi jika ada yang mau membantu jawab, dengan senang hati..

Kalau membayangkan makanan apalagi saat bulan puasa gini hmmhh ngilernya pengen makan ini itu, dan gara-gara beberapa hari yang lalu sempet lihat postingan eclair coklat temanku kok ya ngeces ces... Tapi baru sempat buat kemarin dikarenakan tugas di rumah menumpuk. hihihi.. biasalah persoalan ibu rumah tangga yang tanpa ART, selalu berkutat dengan tumpukan-tumpukan dipojokan. Yaa tumpukan cucian baju, piring, tumpukan mainan. hwalaahh banyak deh.. hihhi.. oke dehh.. yuk cuss ikut membayangkan eclair strawberry yang yummy ini, eh daripada cuma dibayangin dan ngiler-ngiler aja mending sekalian dicoba buat sendiri di rumah yaa...



Resep kulit ├Ęclair :
- 70 gram tepung terigu serba guna (mis. Segitiga Biru, bisa juga menggunakan Kunci Biru)
- 1/2 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 57 gram mentega (jika mentega telah asin tidak perlu menambahkan garam)
- 120 ml air
- 2 butir telur, kocok lepas

Cara membuat:
1. Dalam mangkuk aduk rata tepung terigu, gula pasir, garam.

2. Panaskan air dan mentega di panci hingga mendidih, matikan kompor, angkat.

3. Masukkan tepung ke dalam air dan mentega yang telah mendidih, aduk rata dengan cepat.

4. Hidupkan kembali kompor, masak kembali adonan di panci selama kurang lebih 2-3 menit. Angkat, biarkan hingga adonan hangat-hangat kuku.

5. Setelah adonan tidak panas lagi masukkan kocokan telur, aduk rata hingga adonan menjadi seperti pasta. Cetak panjang diatas loyang yang dialasi kertas roti.

6. Panaskan oven 200 derajat celcius. Kemudian masukkan adonan yang telah dicetak memanjang kedalam oven. Setel waktu 15 menit, kalau di oven saya setelah mengembang saya turunkan lagi menjadi 180 derajat celcius. Setelah 15 menit pertama selesai tambahkan 15 menit lagi dengan suhu diturunkan menjadi 150 derajat celcius. Bakar hingga butiran-butiran butter hilang. Sambil dipantau ya jangan sampai gosong.

7. Angkat dan biarkan dingin. Kemudian bolongkan 1 sisi ujung kue dengan ujung sendok untuk memasukkan cream.

Strawberry cheese cream
1 sachet whipped cream powder 36gr (yang saya pakai sudah manis)
Jus strawberry dingin 115 ml (saya kasih gula lagi 5sdt)
1/2sdt vanilla essence
Cream cheese sesuai selera,tapi jangan kebanyakan ya nanti takut eneg.
Topping:
Coklat putih leleh, saya beri warna pink.

Cara membuat:
1. Kocok cream cheese hingga lembut.

2. Masukkan bubuk whipped cream,vanila,jus strawberry dingin. Kocok dengan kecepatan tinggi hingga berjejak. Jangan sampai kelamaan mengocok ya nanti bisa cair lagi. Cukup sampai berjejak.

3. Masukkan ke plastik segitiga. Gunting ujungnya.

FINISHING
1. Ambil kulit sus yang telah dibolongi ujungnya.
2. Semprot dengan isian cream.
3. Celupkan bagian atas sus ke dalam coklat leleh.
4. Sajikan.

Note: enak juga loh disajikan dingin setelah masuk kulkas. Coklat toppingnya menjadi keras dan cream di dalamnya jadi dingin fresh. yummy...