Rabu, 28 Januari 2015

Birthday Cake for Raffa (5 tahun)

Tahun ini (2015) aku memang berniat membuatkan kue ulang tahun untuk Raffa dan Evan. Untuk kue ulang tahun Evan sudah aku posting, kue tersebut dihias dengan fondant. Sedangkan untuk Raffa, aku menghias dengan butter cream cheese.





Base Cake~Sponge Cake Vanilla
Sponge cake dasar by Fatmah Bahalwan

Bahan:

8 btr telur
200 gr gula
225 gr tepung terigu (aku pakai 200gr tepung terigu, 25gr tepung maizena)
1 1/2 sdt vanilla ekstrak (aku tambahi ini)
1 sdm emulsifier
100gr margarine, lelehkan

 Cara membuat:

  1. Panaskan oven 180 derajat celsius.
  2. Kocok telur dan gula sampai naik, masukkan emulsifier, kocok terus hingga kental berjejak (fase ‘jambul petruk’) :).
  3. Tuang tepung terigu sambil di ayak secara bertahap, aduk rata. Masukkan mentega cair, aduk rata.
  4. Tuang kedalam loyang cincin 24-26 cm, panggang hingga matang, kurang lebih 45 menit

Butter Cream Cheese
800 gr mentega putih (aku pakai unsalted butter)
200 ml whipped cream cair
400 gr cream cheese
500 gr susu kental manis putih (1 kaleng)~ atau manisnya bisa diukur sesuai selera

Pewarna makanan hijau, biru, kuning (aku pakai pewarna makanan gel dari wilton)

Cara membuat:
1. Kocok mentega hingga lembut dan ringan.
2. Masukkan bahan lainnya kecuali pewarna makanan, kocok hingga rata dan kaku sehingga butter cream siap pakai.
3. Bagi butter cream sesuai yang akan dipakai, dan beri pewarna yg diinginkan aduk dengan spatula.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HaiyHaiy.. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog ku. Jika ingin meninggalkan komentar, silahkan ya.. dengan senang hati.. ^ _ ^