Rabu, 08 Januari 2014

Kue Sus Fla Vanila Perdana

Hari ini kebetulan lagi libur masak, karena kemarin aku sudah membuat ayam ungkep bumbu kuning sebagai menu bekal suamiku dan aku membuat lumayan agak banyak sekalian sampai jatah makan malam. Dari semalam aku sudah ubek-ubek resep, kira-kira apa ya yang akan aku uji coba lagi. Akhir-akhir ini semenjak pindah tempat tinggal dan passs banget ternyata disini telah disediakan oven yang boleh dipakai sesuka hati, aku jadi hobi buat kue. Ada beberapa hasil kue yang sudah aku coba selain kue sus ini, nanti yaa aku publish (hehehe...) Sssstt... jangan ketawa ya ketika melihat hasil-hasil baking-an ku, penampakannya sih agak sepet tapi rasanya lumayan lah, setidaknya suami dan anak-anakku menyukainya. hehe.. Tapi untuk resepnya silahkan loh dicopy, karena aku juga boleh ambil resep dari blog-blog yang sudah mahir dalam masak memasak.

Kali ini aku membuat kue sus dengan isian fla vanila, resep diambil dari sini. Setelah dicoba.. woww beneran deh kulit susnya lembut di mulut, rasanya juga pas. Tetapi sayangnya kulit sus buatanku tipis, agak kecewa sih karena yang tadinya saat di dalam oven si kulit sus mengembang dengan cantik ehhh lah pas dikeluarin kok ya menciut. Salahnya dimanaaa??? Ternyata oh ternyata setelah bertanya dan mendapatkan kunci dari teman-teman yang sudah mahir dalam masak memasak, agar kulit sus tidak mengempis lagi ketika dikeluarkan dari oven, maka jangan dikeluarkan dulu dari oven hingga butir-butiran mentega hilang. Tapi sambil diawasi terus ya jangan sampai gosong. Oke sippp kapan-kapan dicoba lagi.... Yang tadinya kecewa melihat sedikit kegagalan pada kulit kue sus yang kubuat, seketika sirna karena mendapat pujian dari suami tercinta "hmmmmhh... kue sus nya enak deh. Sori ya kalau aku habisin" katanya. Huaaa.. melayang, entah itu hanya untuk menyenangkan hati istrinya atau beneran, tapi tetep aja suenenggg...

Bahan Kulit $u$ ba$ah :
1/2 $dt garam halu$
250 ml air
125 gram margarin
125 gram tepung terigu protein $edang/cap $egi tiga biru
1/4 $dt baking powder
4 butir telur ayam

Bahan Vla kue $u$ :300 ml $u$u tawar cair
1/4 $dt garam
4 $dm tepung maizena
2 $dm tepung terigu (saya tidak pakai)
75 gram gula pa$ir
2 butir kuning telur (saya hanya pakai 1 butir)
1/4 $dt pa$ta vanili
1 $dm mentega
1 $dm rum (saya tidak pakai)
Cara Membuat Kulit kue $u$ ba$ah :1. Didihkan air, ma$ukkan margarin dan garam, rebu$ hingga mendidih.
2. Ma$ukkan tepung terigu perlahan-lahan $ambil teru$ diaduk hingga terbentuk adonan yang rata, kental, licin, dan kali$ atau tidak lengket di panci. Angkat, diamkan.
3. $etelah adonan menjadi hangat, ma$ukan baking powder dan telur $atu per$atu $ambil diaduk hingga adonan tercampur rata.
4. Tuang adonan ke dalam pla$tik $egi tiga / piping bag yang bagian ujungnya telah dii$i dengan $epuit bintang.
5. $emprotkan adonan ke ata$ loyang yang $udah di ole$ margarin.
6. Panggang adonan di dalam oven yang ber$uhu 200 derajat celciu$ hingga kue mengembang, matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, $i$ihkan.
7. Potong $i$i kue, i$i dalamnya dengan vla. Hidangkan.

Cara Membuat Vla Kue $u$ :1. Larutkan tepung maizena, tepung terigu, gula dan garam dengan $u$u tawar cair, aduk hingga rata.
2. Ma$ak $ampai mendidih kemudian mengental dan matang. Lalu angkat, $i$ihkan.
3. $elagi ma$ih pana$, tambahkan mentega, vanili, kuning telur dan rum. Aduk $ampai adonan vla rata. Lalu dinginkan.
4. Vla $iap digunakan untuk ole$an i$i kue $u$.


Resep dari ~ http://resepmasakandimakanan.blogspot.com/

Hasilnyaa....



Selamat mencoba... ^_^

1 komentar:

HaiyHaiy.. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog ku. Jika ingin meninggalkan komentar, silahkan ya.. dengan senang hati.. ^ _ ^