Selasa, 19 Mei 2015

Soft Bread

Aku selalu dibuat penasaran ketika menyantap dan melihat roti, penasaran bagaimana caranya bisa membuat roti yang lembut dan empuk. Walaupun sebenarnya aku bukan penggemar roti, tapi karena di rumah ada dua anak kecil yang doyan banget nyemil jadi aku tertantang untuk membuat roti yang enak untuk mereka. Dengan membanding-bandingkan beberapa resep, kali ini aku coba membuat roti lembut (soft bread).

Kali ini bisa dibilang agak nekat dan maksa sih, karena yang biasanya membuat roti itu menggunakan tepung terigu berprotein tinggi ini aku ganti dengan menggunakan tepung terigu all purpose. Kenapa? ya karena lagi kehabisa stok terpung protein tinggi aja sih, tapi sudah keburu ngebet pengen buat roti. Kemudian mengenai tekstur adonan roti kali ini lebih lembek dan lengket dari adonan roti yang sebelumnya pernah ku buat. Tetapi lama kelamaan, setelah diberi butter dan diuleni terus, adonan akan lepas dari tangan (tidak lengket). Daaan nguleni nya itu loh gemesss, kaya karet. hehehe.. langsung aja yuk ikut mencoba resep ini:


2 cups Tepung terigu protein tinggi
3/4 cup susu cair+1 1/2 sdm susu cair (hangat)
1 sdt garam
4 sdt butter
1 1/2 sdm susu bubuk
2 sdm ragi
1 sdm gula




Cara membuat:
1. Di gelas mix susu cair hangat, ragi, gula dan diamkan kurang lebih 10 menit sampai berbusa.
2. Di mangkuk adonan, campur tepung terigu, susu bubuk, garam.

3. Setelah campuran ragi berbusa tuang ke tepung, uleni sebentar. Tekstur memang lembek dan lengket. Kemudian beri butter nya. Uleni kurang lebih 20 menit. Lama kelamaan teksturnya tetep lembek, tapi tidak dlengket di tangan.
4. Diamkan di wadah tertutup min 1 jam. Bentuk dan beri isian sesuai selera kemudian diamkan lagi 10 menit. Oven selama 15 menit suhu 175-180derajat celcius.

Optional: Kalau aku mencoba menambahi 1 butir telur dan juga 1/2 sendok makan bread improver.



"Selamat Mencoba"




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HaiyHaiy.. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog ku. Jika ingin meninggalkan komentar, silahkan ya.. dengan senang hati.. ^ _ ^