Rabu, 07 November 2012

Ayam Bumbu Kecap

Resep Ayam Bumbu Kecap ini ditulis khusus sama Mbah Putriku.. huaa.. seneng deh dibekelin kumpulan resep-resep dan ditulis langsung. sebenarnya sih di resep yang tertulis itu Bandeng Bumbu Kecap, tapi berhubung stok ikan tidak ada di kulkas dan ayam masih buanyak banget jadi aku ganti dengan ayam.



Keliatan ga resep di fotonya? ga kelihatan ya sepertinya.. Sipp..sipp.. klo gitu resepnya sebagai berikut:

Bahan
Ayam/Ikan

Bumbu-bumbu
Bawang merah (iris tipis)
Bawang putih (iris tipis)
Cabe rawit utuh (kalau mau pedas bisa diiris-iris yah)
Daun jeruk
Jahe
Sereh
Tomat dipotong besar
Kecap
Garam
Gula pasir sedikit

Cara membuatnya
1. Bumbu-bumbu (bawang merah, bawang putih, cabe, daun jeruk, jahe, sereh) ditumis sampai harum dikasih air nyemek saja (nyemek saja apa yah?? hihi.. ya jangan terlalu banyak kali ya..)
2. Masukkan Kecap, beri garam dan gula dan juga tomat. Diaduk.
3. Masukkan Ayamnya, tambahkan air sambil diicip apakah manis, gurihnya sudah pas. jika belum bisa ditambah kecap dan sedikit garam dan gula lagi. Ditunggu hingga asat dan daging ayam matang, diaduk hingga bumbu rata melumuri si Ayam.
4. Sajikan

Aku sudah mencoba resepnya, ternyata yummy.. tapi karena suamiku itu kalau makan ayam harus bener-bener mateng-teng.. jadi sebelumnya ayamnya aku goreng dulu. Nah jika sebelumnya ayam sudah digoreng dan matang, tidak perlu tambah air lagi ya.. cukup air yang nyemek itu saja. Selamat mencoba juga.. ^ ^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HaiyHaiy.. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog ku. Jika ingin meninggalkan komentar, silahkan ya.. dengan senang hati.. ^ _ ^