Selasa, 27 Desember 2011

Steam Tahu Jamur

Mungkin bagi sebagian Ibu, dan aku khususnya paliiinggg bingung untuk menentukan menu makanan. Apalagi saat harus menggonta ganti menu makanan, karena kebetulan aku harus masak 2 x. Satu menu untuk aku dan suami dan satu menu lagi untuk Raffa, daaaannn aktivitas masak memasak ini rutin dilakukan. hufff... alhasil harus berfikir keras dan langsung ubek-ubek resep online. Tapi terkadang udah ubek-ubek macem-macem resep tetep belum sreg, bukan karena resepnya ga enak, tapi kadang karena bahannya emang ga ada atau akunya yang keburu males karena ga mau repot. Nah kalau udah gini ujung-ujungnya ga jadi nyontek resep tapi malah buat resep uji coba a.k.a asal-asalan, cemplung ini itu. hehehe.....

Kali ini resep uji coba untuk menu-nya Raffa. Pagi-pagi dengan mood yang males-malesan tapi hati tetep khawatir kalau anak ga makan, jadilah menu dengan judul di atas...


Bahan-bahan:
- Wortel (potong suka-suka, bisa potong cincang, potong korek api, dll..)
- Daun bawang (iris tipis)
- Telor ayam (aku pakai 2 telor)
- Sosis (aku pakai sosis ayam, potong bulat kecil)
- Tahu putih (diremek-remek)
- Garam
- Lada
- JamurShitake (potong tipis)

Bagiku, dalam resep ini, peran jamur Shitake penting banget. jadi jangan lupa ya ikutan nyemplung.


Cara membuat:
1.  Campur telor ayam, garam, lada. Kocok
2.  Setelah itu masukkan wortel, daun bawah, tahu putih, sosis, jamur ke dalam campuran telor. aduk rata
3. Siapkan mangkuk tahan panas, masukkan campuran telor isi tadi ke dalam mangkuk. kemudian steam.
4. Jangan lupa sambil diintip-intip hingga telor isinya matang, angkat, sajikan..



10 komentar:

  1. eeeyy... napa peran si jamur penting bangeeet ??

    BalasHapus
  2. hi mama rafa, salam kenal :)
    emak kinan disini...*walah resmi banget kenalannya...Kunjungan balik neh...sesama emak emak yang tiap pagi haru bikin menu 2 macam, satu untuk anak satu lagi untuk yang dewasa...Tos dulu yah..
    aku ijin copas resepnya..benernya kalo masalah steam2an kayak gini aku sering lakukan tapi nggak pake jamur shitake..jamur opo itu..masih blom mudeng, hehehe maklum aku tinggal dihutan, jamur yang biasa buat tekwan yg ada disini sama mushrom yang buat pizza itu...harus googling neh soal shitake...aku biasanya ingredientnya sama..kurang lebih kayak gitu, kadang aku tambahi parutan keju di toppingnya... walah kok malah mbahas resep..maaf..:)
    nice to know u and your blog mbak..:)

    BalasHapus
  3. iya soalnya selain judulnya Tahu jamur (bahan utama), adalah karena rasanya itu loh yg klo digigit.. nyammm nyammm...hehehe...

    Mba Anngie, kmrn aku buat puding roti gula jawa :D

    BalasHapus
  4. Halo Mama Kinan... ^_^ waa seneng banget dikunjung balik.hehe.. salam kenal yah.. aku link yah Mama.. biar bisa keep in touch :)

    hoohh.. bener banget puyeng deh klo harus mikir "hari ini masak apa yaaa" grr.... *lap keringet.

    iya monggo dijiplak aja resepnyah. jamur shitake tu klo kata temenku yg dari pekanbaru biasa disebut jamur petai. *emberr..rasanya emang rada kaya petai.hihihi.. enak. jadi coba googling aja yo Mba.

    Nice to know you, Mama Kinan ^_^

    BalasHapus
  5. Ngertiii banget dengan kegalauan bikin rancangan menu untuk keluarga. Aku ngalamin itu tiap minggu, karena kami belanja bahan pangan dengan sistem mingguan, jadi setiap minggu udah bikin rancangan menu biar belanjaannya tepat sasaran, hehehe

    BalasHapus
  6. hihhi... emang rata2 mungkin problema ibu-ibu idem ya Mba Allisa...... :))

    BalasHapus
  7. wadow .. pagi2 lihat fotonya jadi lapeerrr :)
    rajin masak ya :)

    BalasHapus
  8. Hai Mba Ely... hihihi.. bukan rajin masak, tapi karena wajib masak. :))

    BalasHapus
  9. Tesss komen...
    Kayanya enak dan mudah ya resepnya.. Aku juga suka bikin mirip2 gini nih tp klo dah d kukus trus d goreng

    BalasHapus
  10. iya gampang Mba Dhira.. bukan anakku aja yg suka, tapi mamanya juga suka.. ^_^

    BalasHapus

HaiyHaiy.. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca blog ku. Jika ingin meninggalkan komentar, silahkan ya.. dengan senang hati.. ^ _ ^